A. Tujuan Pendidikan
Nasional
Sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Republik
Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional. Tujuan Pendidikan Nasional adalah Untuk mengembangkan potensi peserta didik agar
menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab.
Tujuan
pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar mengacu pada tujuan umum pendidikan dasar yaitu
meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan,
kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan
mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Visi SD Negeri Medono 07 Kota
Pekalongan adalah :
D. Misi Sekolah
Misi SD Negeri Medono 07 Kota Pekalongan adalah
:
1. Memberikan
pelayanan prima pada semua siswa berdasarkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa;
2. Menggunakan
pembelajaran menarik, menyenangkan berdasarkan iman dan taqwa berwawasan
lingkungan.
3. Menyelenggarakan
pengembangan diri siswa sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang dimiliki
berwawasan lingkungan.
4.
Membiasakan
siswa gemar membaca.
5.
Menanamkan
saling menghormati dan menghargai antar warga sekolah.
6.
Menumbuhkembangkan
sikap gotong-royong dan kedisiplinan.
7.
Menanamkan
sikap kejujuran dan tanggung jawab.
8.
Membiasakan
hidup bersih sehat dan cinta lingkungan.
9.Melestarikan
budaya daerah sebagai wujud semangat jiwa nasionalisme berwawasan lingkungan.
10. Menanamkan
perilaku hari ini lebih baik daripada hari kemarin.
E.
Tujuan Sekolah
Tujuan
yang diharapkan oleh SD Negeri
Medono 07 dalam implementasi Kurikulum Operasional Sekolah
sebagai bentuk dan cara mewujudkan visi dan misi SD Negeri Medono 07 Tahun
Pelajaran 2021/2022 yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut :
1. Tujuan Jangka Pendek
(Pelaksanaan 1 Tahun ke depan)
a. Membentuk
peserta didik yang taat dan tepat waktu dalam melaksanakan ibadah.
b. Semua kelas
memiliki Kesepakatan Kelas sebagai bentuk penerapan nilai-nilai baik.
c. Merancang
program sekolah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global di
masyarakat.
d. Meningkatkan
simpati dan empati peserta didik dalam kepedulian sosial.
e. Mengoptimalkan
sarana prasana sekolah untuk menunjang rancangan pembelajaran yang memotivasi
keinginan selalu belajar.
f. Melaksanakan
program dan pembelajaran HOTS untuk memperkuat bernalar kritis dan kreativitas.
g. Melaksanakan
pembelajaran yang mengasah kemampuan literasi dan numerasi.
h. Kelas menerapkan 80% pembelajaran
yang berpusat pada siswa.
i. Mengidentifikasi
bakat, minat, dan potensi peserta didik.
j. Menanamkan
gerakan kebersihan sebagian daripada iman.
k. Merancang
program gerakan peduli lingkungan di sekitar sekolah.
l. Melibatkan warga sekolah dalam kegiatan yang
dilaksanakan oleh sekolah.
2. Tujuan Jangka
Menengah (Pelaksanaan 2 – 3 Tahun ke depan)
a. Meningkatkan
kemampuan peserta didik dalam menghafal surat-surat pendek.
b. Merancang
konsep pendidikan karakter.
c. Merancang
pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta
didik mengarahkan pada keterampilan dan kecakapan hidup sesuai bakat dan
minatnya.
d. Menyelenggarakan
kegiatan ekstrakurikuler yang optimal dalam mengembangkan prestasi sesuai
bakat, minat dan potensi peserta didik.
e. Membudayakan
gerakan kebersihan sebagian daripada iman.
f. Menyelenggarakan
sistem penilaian dengan sistem digitalisasi.
g. Menjalin kerja
sama dengan berbagai lembaga untuk memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan.
h. Kelas menerapkan 90% pembelajaran
yang berpusat pada siswa.
i. Melaksanakan
program gerakan peduli lingkungan di sekitar sekolah.
j. Melakukan
survei kualitas penyelenggaraan
pendidikan dan pelayanan.
k. Melaksanakan
evaluasi diri sekolah melalui berbagai teknik pengambilan data.
3. Tujuan Jangka
Panjang (Peaksanaan 4 tahun – lebih)
a. Membentuk
peserta didik yang berakhlakul mulia dan selalu peduli sosial dalam toleransi
beragama.
b. Menghasilkan
peserta didik yang mampu menghafal Juz 30 Al – Qur’an (1
Juz) bagi yang beragama Islam dan selain beragama Islam
menyesuaikan dengan agamanya masing-masing.
c. Menghasilkan
lulusan yang memiliki mental pembelajar sepanjang hayat.
d. Menciptakan
budaya sekolah melalui pembiasaan penerapan nilai-nilai karakter baik.
e. Menjalin
kerjasama dengan pihak luar (sanggar, perguruan tinggi, dan dunia usaha dan
industri) untuk melengkapi program sekolah yang memfasilitasi berbagai
keragaman potensi, minat dan bakat peserta didik.
f. Menyediakan
fasilitas untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dan minat bakat peserta
didik.
g. Sekolah mampu
melaksanakan penilaian secara akuntabel dan valid dengan sistem digitalisasi.
h. Menyelenggarakan
proses pembelajaran yang berpusat pada siswa di semua kelas melalui pembinaan
dan pendampingan.
i. Membudayanya
kesadaran peduli terhadap lingkungan dimanapun.
j. Meningkatkan
kualitas pendidikan melalui kegiatan evaluasi yang berkesinambungan.